Penjelasan Lengkap Kenapa Puasa di Hari Jumat Tidak Boleh Menurut Islam


Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat Islam, baik yang wajib maupun yang sunnah. Namun, tidak semua hari boleh dipilih untuk berpuasa sunnah, karena ada beberapa hari yang dimakruhkan atau dilarang oleh syariat. Salah satunya adalah hari Jumat, yang merupakan hari raya bagi kaum Muslimin. Lalu, apa alasan dan hikmah di balik larangan puasa di hari Jumat? Berikut penjelasannya.

Hukum Puasa di Hari Jumat

Mayoritas ulama menjelaskan bahwa pelaksanaan puasa di hari Jumat yang tidak dibarengi pada hari-hari sebelumnya atau setelahnya, maka hukumnya makruh. Hal ini didasarkan pada hadits-hadits nabi yang melarang tentang praktik puasa khusus di hari Jumat, tanpa ada tambahan puasa di hari selainnya.

Dari Juwairiyah binti Harits radhiyallahu 'anha, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mendatanginya pada hari Jumat, sedangkan ia dalam keadaan berpuasa. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya, "Apakah engkau berpuasa di hari kemarin?" Juwairiyah menjawab, "Tidak". Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya lagi, "Apakah engkau akan berpuasa esok hari?" Juwairiyah menjawab, "Tidak". Lalu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Maka berbukalah" (HR. Bukhari). 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum'at kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya'" (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Janganlah khususkan malam Jum'at dengan shalat malam tertentu yang tidak dilakukan pada malam-malam lainnya. Janganlah pula khususkan hari Jum'at dengan puasa tertentu yang tidak dilakukan pada hari-hari lainnya kecuali jika ada puasa yang dilakukan karena sebab ketika itu'" (HR. Muslim). 

Hukum makruh ini tentu berlaku untuk puasa sunah yang bisa dikerjakan pada hari kapan pun. Hukum makruh tersebut tidak berlaku untuk puasa wajib pada bulan Ramadhan, atau puasa sunah yang dikerjakan pada hari-hari tertentu yang mungkin kebetulan jatuh di hari Jumat, seperti puasa Arafah, puasa Asyura, puasa Ayyamul Bidh, dan lain sebagainya.

Alasan dan Hikmah Larangan Puasa di Hari Jumat

Ada beberapa alasan dan hikmah yang bisa dipahami dari larangan puasa di hari Jumat, di antaranya adalah:

  1. Hari Jumat adalah hari raya bagi kaum Muslimin, yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Oleh karena itu, tidak pantas untuk mengkhususkan hari tersebut dengan puasa, yang merupakan bentuk pengekangan diri dari kenikmatan dunia. Sebaliknya, sebaiknya memanfaatkan hari tersebut dengan bersyukur, berdzikir, dan bersenang-senang secara halal.
  2. Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan aktivitas ibadah, seperti shalat Jum'at, membaca surat al-Kahfi, mandi, memakai wewangian, dan lain-lain. Oleh karena itu, tidak baik untuk melemahkan diri dengan puasa, yang bisa mengurangi semangat dan konsentrasi dalam beribadah. Sebaliknya, sebaiknya menjaga kekuatan dan kesegaran tubuh dengan makan dan minum yang cukup.
  3. Hari Jumat adalah hari yang banyak mengandung kebaikan dan keberkahan, seperti saat-saat mustajab untuk berdoa, saat turunnya malaikat, dan saat terjadinya kiamat. Oleh karena itu, tidak bijak untuk menyia-nyiakan hari tersebut dengan puasa, yang bisa menghalangi untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan tersebut. Sebaliknya, sebaiknya memperbanyak amal shalih dan memohon ampunan kepada Allah di hari tersebut.
  4. Hari Jumat adalah hari yang memiliki kesamaan dengan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, yang merupakan hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa. Oleh karena itu, tidak sesuai untuk menyamakan hari tersebut dengan hari-hari biasa yang boleh dipilih untuk berpuasa. Sebaliknya, sebaiknya membedakan hari tersebut dengan hari-hari lainnya dengan tidak berpuasa.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap kenapa puasa di hari Jumat tidak boleh menurut Islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang syariat puasa. Wallahu a'lam bish shawab.

Source: 

  1. Apakah Boleh Puasa di Hari Jumat: Penjelasan dan Hukum dalam Islam. https://tirto.id/apakah-boleh-puasa-di-hari-jumat-penjelasan-dan-hukum-dalam-islam-f7uf.
  2. Larangan Puasa Hari Jumat dalam Islam - DalamIslam.com. https://dalamislam.com/akhlaq/larangan/larangan-puasa-hari-jumat.
  3. Kenapa Dilarang Puasa Hari Jumat? Simak Penjelasannya - Pikiran-Rakyat.com. https://www.pikiran-rakyat.com/khazanah-islam/pr-017343061/kenapa-dilarang-puasa-di-hari-jumat-simak-penjelasannya?page=all.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."