Cara install Screenfetch

Cara install screenfetch untuk Menampilkan ASCII art Logo Distro Linux di Terminal
Tampilan screenfetch

Gambar di atas adalah logo distribusi Linux ASCII art yang ditampilkan di Terminal. Sobat mungkin melihat banyak orang berbagi screenshot layar seperti gambar di atas dari terminal mereka, dan sobat bertanya-tanya “Bagaimana mereka melakukannya?” atau “Saya masih Noob di Linux” dan Anda terus khawatir. OK … jangan khawatir. Hal ini sesederhana seperti sarapan. Meskipun sobat nantinya harus menginstal paket dan perangkat lunak tertentu dalam distribusi Linux sobat. di artikel ini saya akan memberikan tips Cara install screenfetch untuk menampilkan ASCII art Logo Distro Linux di Terminal?

screenfetch…?

screenFetch adalah “Bash Screenshot Information tool”. Skrip Bash yang praktis ini dapat digunakan untuk menghasilkan informasi tema terminal yang bagus + logo distribusi ASCII yang sobat lihat di tangkapan layar kebanyakan orang saat ini. skrip ini akan secara otomatis mendeteksi distribusi linux sobat dan menampilkan versi ASCII dari logo distribusi itu dan beberapa informasi berharga di sebelah kanan.

Screenfetch adalah salah satu cara paling sederhana untuk menampilkan logo distribusi Linux ASCII art di terminal sobat sendiri dan Screenfetch ini juga menampilkan spesifikasi perangkat keras laptop sobat dengan tema dan font yang saat ini sobat gunakan.

Cara install Screenfetch untuk Menampilkan ASCII art Logo Distro Linux di Terminal

1) Instal Screenfetch di distro berbasis Ubuntu seperti Linux Mint, Elemantary Os, Zorin Os, dll:

sudo apt-get install screenfetch

Catatan: Untuk distro berbasis Ubuntu 14.04, sobat harus menambahkan PPA:

sudo apt-add-repositori ppa:djcj/screenfetchsudo apt-get updatesudo apt-get install screenfetch

2) Instal screenfetch di distro linux berbasis Arch seperti Manjaro, Chakra, dll:

      sudo pacman -S screenfetch

3) Instal screenfetch di distro berbasis Fedora:

       sudo dnf instal screenfetch

Jalankan Screenfetch

setelah menginstal screenfetch, jalankan dengan langkah sangat mudah. cukup buka terminal sobat (ctrl + alt + t) dan ketik

screenfetch

dan lihat keajaibannya.

Cara install Screenfetch untuk Menampilkan ASCII art Logo Distro Linux di Terminal, tampilan di manjaro linux
Screenshot dari Manjaro Linux Desktop PC kangsoel

Sobat akan melihat logo ASCII distribusi Linux sobat bersama dengan spesifikasi perangkat keras sobat. dan selamat menikmati sharing Screenshot layar sobat.

sumber : itsfoss

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."