Cara Menghilangkan Iklan di hp Android yang tiba-tiba Muncul Disebabkan oleh Virus

Cara Menghilangkan Iklan di hp Android yang tiba-tiba Muncul Disebabkan oleh Virus


Iklan yang tiba-tiba muncul di hp android bisa sangat mengganggu dan berbahaya. Iklan tersebut bisa berasal dari aplikasi, sistem, atau virus yang ada di hp Anda.

Sebab Munculnya Iklan. 

Iklan di HP android sebenarnya adalah sesuatu yang wajar, karena kita tahu android adalah system operasi mobile besutan google yang notabene adalah platform mesin pencari dan iklan terbesar dengan google adsence nya
Namun jika iklan muncul tiap menit pasti akan sangat mengganggu dan menguras paket data kita, pasti ada sesuatu yang tidak beres dengan gadged anda

Sebenarnya iklan muncul karena beberapa sebab:
  1. Karena bawaan dari pabrikan itu sendiri, misal merk xiaomi atau samsung atau merk apapun sah sah saja ada iklan, namun iklannya tentu jarang dan wajar bukan semenit sekali. 
  2. Karena sebab kita membuka aplikasi, yang gratisan biasanya ada iklannya. 
  3. Karena chrome atau opera, UC browser atau browser apapun yg nyala notifnya, kadang kala akan muncul iklan yang cukup menggangu. 
  4. Karena virus atau ada malware yang terinstal entah disengaja atau tidak disengaja. 
Yang akan kita bahas di artikel ini adalah sebab terakhir yaitu menghilangkan iklan di HP android yang muncul tiba-tiba muncul disebabkan oleh virus atau malware.

Ciri Cirinya adalah:

  • Muncul iklan yang mengganggu dengan intensitas sangat sering. 
  • Iklan muncul di aplikasi apa saja, termasuk yang bebas iklan macam whatsapp, telegram, bahkan muncul saat kita membuka pengaturan HP. 
  • Iklan berukuran fullscreen, kadang lama dan tidak bisa di skip
Jika HP anda mempunyai permasalahan seperti di atas, silahkan lanjut membaca karena sebentar lagi, saya akan menujukkan cara menghilangkannya. 

Ada beberapa cara untuk menghilangkan iklan tersebut, antara lain:

Hapus Aplikasi Virusnya

Cari dan hapus aplikasi yang menyebabkan iklan muncul tiba-tiba. Anda bisa mengecek aplikasi yang baru-baru ini diinstal atau diupdate di Play Store, lalu hapus aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Anda harus mencarinya manual melalui pengaturan di daftar aplikasi terinstal.

Ciri Aplikasi Virus / Malware

Anda harus jeli dalam menghapus aplikasi virusnya, jangan sampai salah uninstal, karena virus kita kali ini nyepam iklan, maka carilah aplikasi yang
  1. tidak anda kenal.
  2. tidak pernah sengaja instal dan
  3. mengkonsumsi data yang lumayan besar (bisa anda cek di pengaturan 👉 penggunaan data)

Scan dengan antivirus

Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya untuk mendeteksi dan menghapus virus atau malware yang menyebarkan iklan di hp Anda. Beberapa antivirus yang direkomendasikan adalah Avast, Malwarebytes, dan Kaspersky.

Reset HP Android Anda

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk mengembalikan hp Anda ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp Anda, termasuk iklan yang mengganggu. Pastikan Anda sudah membackup data penting Anda sebelum melakukan reset.

Flash Ulang HP Android Anda

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika iklan masih tetap muncul. Flash ulang adalah proses menginstal ulang sistem operasi hp Anda dengan firmware yang baru. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp Anda, termasuk iklan yang mengganggu. Pastikan Anda sudah membackup data penting Anda sebelum melakukan flash ulang. Anda juga harus hati-hati dalam memilih firmware yang sesuai dengan tipe dan model hp Anda.
Flash ulang adalah tidakan yang sangat beresiko, saya tidak merekomendasikan anda untuk melakukannya, kecuali dilakukan oleh pakar yang berpengalaman.
Pusing baca penjelasan saya yang panjang kali lebar, baiklah untuk lebih jelasnya, Anda bisa menonton video berikut yang menjelaskan cara-cara di atas.


Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca. 😊

Referensi artikel:

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."