Pengertian RAM dan ROM, Fungsi, Cara Kerja dan 4 Perbedaan Antara RAM dan ROM


Kalian pasti sudah sering mendengar istilah RAM dan ROM dari review HP di internet, penting untuk mengetahui spesifikasi hp sebelum memutuskan untuk membelinya, tapi apakah pengertian RAM dan ROM itu, yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian RAM dan ROM

Jadi RAM adalah singkatan dari Random Acces Memori yang fungsinya itu buat nyimpen data yang bersifat sementara pada komputer atau HP kita. Data data yang disimpan dalam RAM ini adalah seperti data aplikasi yang sedang dibuka oleh HP kita dan karena itu data harus di akses dengan cepat maka kecepatan akses ini memang jauh dari kecepatan rom dan dia jauh lebih cepat dan tepat. Pada saat aplikasi ditutup atau dimatikan maka data yang sudah tersimpan dalam RAM ini akan otomatis dihapus. Untuk lebih jelas baca wikinya disini.

Pengertian ROM

ROM singkatan dari Read Only Memory yang fungsinya untuk menyimpan data yang akan diakses oleh prosesor kita data-data disimpan ini biasanya berbentuk musik gambar Video atau lain sebagainya dan yang seperti pada HP kebanyakan dan memang sudah seharusnya begitu ini punya kapasitas yang jauh lebih besar daripada kapasitas RAM. Untuk lebih jelasnya baca wikinya disini.

Perbedaan RAM dan ROM

jadi apa sih bedanya RAM dan ROM ini. Oke Disini saya akan bahas 4 poin

1. Menulis Datanya

ROM ini nggak bisa diisi atau ditulis data sewaktu-waktu seperti ram jadi untuk mengisi atau menulis data informasi ataupun program perlu proses yang khusus dan gak bisa sefleksibel seperti ram akan tetapi mudah dibaca.

2. Sifat Datanya.

Informasi data dan program ini sifatnya permanen dan nggak mudah untuk dihilangkan pada saat HP dimatikan atau pun aplikasinya ditutup sedangkan kalau RAM kalau HPnya mati atau ditutup datanya akan hilang.

3. Kebutuhan Daya Listrik.

ROM bisa menyimpan data tanpa perlu daya atau listrik sedangkan ram butuh listrik jadi karena itu jika hp nya dimatikan data yang ada di RAM langsung hilang.

4. Kecepatan Transfer Data.

Kecepatan transfer data dari RAM ini jauh lebih cepat daripada kecepatan transfer data di ROM. Nah selain aplikasi yang kita buka RAM ini juga nyimpen sistem operasi HP kita jadi buat temen-temen yang nanya saya punya gede tapi nggak bisa dipakai semuanya itu karena RAM ini dipakai buat jalannya sistem operasi hari kita dan buat aplikasi yang tetap jalan di background seperti misalnya kalender jam kontak dan lain-lain sebagainya.

Misalnya kita punya HP dengan RAM sebesar 3 GB dan Anggaplah satu gigabyte udah dipakai buat menerapkan sistem operasi dan beberapa aplikasi sistem terus kita bukan beberapa aplikasi yang kita biarkan berjalan dalam background atau kita belum tutup lah kayak gitu. tinggal ruang kosong hanya tinggal 200 MB aja ya hal-hal kayak gitu lah yang bikin hape kita jadi lemot dan menguras baterai karena memang membutuhkan aliran listrik atau daya dari baterai untuk menyimpan data.

Nah, jadi pada saat RAM HP kita udah lumayan penuh dan kita buka aplikasi yang yang lumayan besar maka akan otomatis system akan menghapus beberapa data di ram yang berfungsi untuk menyediakan tempat untuk aplikasi yang kita buka ini.

Nah itulah sebab kenapa HP akan terasa lemot, untuk lebih jelasnya cara mempercepat HP kita silahkan dibuka posting saya yang kemarin 6 trik cara mempercepat kinerja android

Lebih Jelasnya Simak Video Ini



Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."