Siapakah Wakil Wakil Iblis di Muka Bumi? Berikut Adalah Penjelasan Lengkap Dari Ulama

Siapakah Wakil Wakil Iblis di Muka Bumi? Berikut Adalah PenjelasanLengkap Dari Ulama

Siapakah wakil wakil iblis di muka bumi? Di artikel ini kami akan menjelaskan siapa sajakah wakil wakil iblis di muka bumi. Tentu kita semua tahu bahwa musuh abadi bani adam adalah iblis la’natullah alaihim. Akan tetapi iblis mempunyai banyak pembantu dan wakil wakil iblis dari bangsa manusia, siapa sajakah itu?

Penghalang Hidayah

Di surat al a’raf 138 di ceritakan:

وَجَٰوَزْنَا بِبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ ٱلْبَحْرَ فَأَتَوْا۟ عَلَىٰ قَوْمٍ يَعْكُفُونَ عَلَىٰٓ أَصْنَامٍ لَّهُمْ ۚ قَالُوا۟ يَٰمُوسَى ٱجْعَل لَّنَآ إِلَٰهًا كَمَا لَهُمْ ءَالِهَةٌ ۚ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ

Artinya: “Dan Kami seberangkan Bani Israil ke seberang lautan itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka, Bani lsrail berkata: “Hai Musa. buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)”. Musa menjawab: “Sesungguh-nya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)”. (QS: Al-A’Raf 138)

Kaum nabi Musa A.S meminta kepada musa wahai Musa buatkan kami Tuhan buatlah patung sebagaimana tuhan-tuhan yang mereka miliki maka nabi Musa Alaihissalam berkata sesungguhnya kalian adalah kaum yang bodoh surat al-a’raf ayat 138

Inilah pembaca sekalian penghalang Hidayah kebodohan terhadap ilmu agama. oleh karena itu pembaca sekalian menuntut ilmu adalah Pintu Hidayah makanya perangkap setan pertama sekali agar kita terjerumus dalam kesesatan adalah memalingkan kita dari ilmu. Ada sebuah buku bagus berjudul “talbis iblis” penulisnya al-imam Ibnul jauzi rahimahullah ta’ala. talbis iblis perangkap iblis tipuan tipuan setan kepada manusia. Beliau Sebutkan perangkap iblis yang pertama sekali adalah memalingkan manusia dari ilmu, bukunya bisa pembaca download dalam bentuk pdf, link nya saya taruh di akhir artikel ini.

Sebagaimana kata beliau ketahuilah bahwasannya perangkap iblis tipuan iblis pertama sekali kepada manusia adalah menghalangi mereka menuntut ilmu sebab ilmu itu adalah cahaya. Cahaya yang menerangi Jalan kehidupan kita. Maka apabila iblis telah berhasil mematikan Lentera Lentera. Maka tidak ada lagi cahaya maka dengan mudah sesuka dia menjerumuskan mereka dalam lubang-lubang kegelapan karena sudah nggak ada lagi cahaya.

Orang Yang Menghalangi Manusia Menuntut Ilmu adalah Wakil wakil Iblis

Oleh karena itu pembaca sekalian kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah orang-orang yang menghalang-halangi manusia menuntut ilmu mereka itu adalah wakil-wakil iblis di muka bumi. Makanya hati-hati jangan menjadi pembantu iblis, suka menghalang-halangi orang menuntut ilmu agama.

Misalnya: jangan!! hati-hati itu pengajian teroris padahal bukan teroris, hati-hati itu ustadznya keras, Padahal dia hanya menyampaikan yang sebenarnya kalau betul itu pengajian teroris mengajarkan radikalisme kekerasan memang wajib dilarang tapi kalau kenyataannya tidak begitu maka Naudzubillah orang yang melarangnya menjadi wakil wakil iblis di muka bumi. 

Sebenarnya mereka melarang bukan karena terorisme bukan karena radikalisme, hanya karena berbeda pendapat dengannya. Hanya karena mengingatkan perbuatan bidah yang mereka lakukan bahkan Syirik yang mereka lakukan hanya karena itu lalu mereka mencari-cari alasan katanya dia pengajian anti NKRI.

Apa arti NKRI nya? Suka membid’ahkan…. nggak nyambung kan.

Pengajian teroris!? apa ciri-ciri teroris? Suka mengkritik amalan-amalan yang beda, lebih nggak nyambung lagi.

justru terorisme itu adalah kebid’ahan di dalam Islam karena dia mengatasnamakan jihad. Itu adalah jihad yang tidak ada contohnya dari nabi.

jadi itu adalah perangkap iblis pertama sekali memalingkan manusia dari ilmu sebab kebodohan adalah penghalang Hidayah. Ilmu itu sendiri adalah Hidayah. Kalau kita enggak menuntut ilmu, Bagaimana mungkin kita mendapatkan hidayah.

Oleh karena itu pembaca sekalian seberapa banyak Hidayah Allah berikan kepada kita juga sangat terkait erat dengan Seberapa luas ilmu yang sudah kita pelajari maka bersemangatlah dalam menuntut ilmu.

Dari Mu’awiyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

Artinya: “Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037).

Rasulullah SAW bersabda:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

karena ilmu itu jalan Hidayah ketika dia menuntut ilmu Allah mudahkan, Allah bentangkan baginya jalan menuju surga

Link Download PDF Buku Talbis Iblis

Ada dua versi PDFkitab classic karya Ibnu Jauzi ini versi arab dan terjemah bahasa Indonesia. Anda dapat mendownload buku dalam bentuk pdf di link di bawah ini.

Talbis Iblis versi arabic



dan untuk membacanya di android dapat menggunakan cara ini cara membaca ebook di android atau kalo di linux bisa pakai cara ini ebook reader terbaik di linux

Video Penjelasan Wakil Wakil Iblis di Muka Bumi

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."