Bagaimana hardware berinteraksi dengan software

bagaimana hardware berinteraksi dengan software

[dropcap]S[/dropcap]ebuah program komputer atau smartphone sebenarnya adalah sebuah interaksi antara manusia sebagai user dan hardware yang akan melakukan pekerjaan sesuai keinginan manusia. Di artikel ini akan saya jelaskan bagaimana hardware berinteraksi dengan software . Manusia hanya mengerti bahasa manusia, dan hardware atau mesin tentu hanya mengerti bahasa biner atau bahasa mesin.

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tentang kernel yang lalu, kalau kemarin hanya membahas tentang kernel baik linux atau mac dan perbedaanya, sekarang lebih luas. Contoh penerapannya adalah di OS linux yang pernah kita bahas dulu dan distro-distronya yang ringan terutama.

Sebuah perangkat lunak ditulis dalam bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi ini disebut sebagai bahasa pemrograman yang dapat dibaca oleh manusia namun tidak dapat dimengerti oleh komputer, karena komputer hanya memahami kode yang ditulis dalam sistem biner yang hanya menggunakan 0 dan 1 ( yang berarti tegangan ON dan tegangan OFF )

Sebuah kode sumber diubah menjadi kode mesin dengan bantuan compiler atau interpreter.

Konsep dasar interaksi antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) adalah seperti gambar ilustrasi di bawah ini:

bagaimana hardware berinteraksi dengan software
Konsep dasar interaksi antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)

    1. Software ini ditulis dalam kode sumber.
    1. Kode sumber diubah menjadi kode mesin (Binary system 0 dan 1) dengan bantuan penerjemah atau compiler.
  1. Kode mesin ini digunakan oleh OS (sistem operasi) untuk mengatur tegangan sirkuit di perangkat keras (hardware) dan dengan menggunakan gerbang logic, OS dengan bantuan driver perangkat berinteraksi dan mengontrol hardware di komputer.

Bagaimana user berinteraksi dengan perangkat keras (Hardware)

Pernahkah sobat berfikir bagaimana sobat dapat dengan mudah mengontrol printer sobat, speaker atau perangkat keras lain yang terpasang di komputer sobat dengan hanya beberapa klik.

Jika dijelaskan secara singkat interaksi sobat sebagai pengguna dengan hardware dalam komputer dijelaskan oleh alur berikut ini:

bagaimana hardware berinteraksi dengan software
Interaksi user dengan hardware komputer

Bagaimana system operasi berinteraksi dengan user dan hardware

Sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program dan perangkat keras komputer. Pengguna mengirimkan informasi ke driver perangkat melalui aplikasi antarmuka grafis (GUI) yang berinteraksi dengan system operasi (OS) dan driver perangkat. Driver perangkat dibuat oleh perusahaan manufaktur perangkat keras. Driver ini dirancang sesuai dengan struktur dan fungsi perangkat keras mereka. Karena proses inilah memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk membuat aplikasi tanpa khawatir tentang structure dan fungsi hardware yang berjalan berbeda dari yang yang di harapkan di aplikasi mereka.

[hr]

Translate from: How software interacts with the hardware – Information about Technology made simpler

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."