Download Ebook Managemen Qolbu Mawaridul Amman PDF

Download Ebook Managemen Qolbu Mawaridul Amman PDF

Karena hati bagi segenap anggota tubuh laksana raja yang mengatur bala tentaranya, yang semua perbuatan berasal dari perintahnya, lalu ia gunakan sekehendaknya, sehingga semua berada di bawah kekuasaan dan perintahnya, dan daripadanya sebab istiqamah dan kesesatan, serta daripadanya pula niat termotivasi atau pudar. Inilah isi dari buku mawaridul amman ini. Maka, karena itu semualah sehingga Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging, jika ia baik maka baiklah seluruh tubuh."

*) Diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari An-Nu'man bin Basyir Radhiyallahu Anhu dalam hadits, 'Yang halal itu telah jelas dan yang haram juga telah jelas dan antara keduanya adalah perkara-perkara syubhat."

Hati adalah Raja

Jadi, hati itulah rajanya. Dialah pelaksana dari apa yang diperintahkan, yang menerima hidayah-Nya, dan tidaklah suatu amalan menjadi lurus dan benar kecuali bersumber dari tujuan dan maksudnya. Hati inilah yang paling bertanggung jawab terhadap semuanya ini, sebab setiap pemimpin akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya.

Oleh sebab itu, perhatian untuk meluruskan dan membenarkan hati merupakan sesuatu yang diprioritaskan oleh para salik (pencari kebenaran) dan mendeteksi serta meng- obati berbagai penyakitnya merupakan prioritas menurut para nasik (ahli ibadah).

Iblis pun Tahu

Ketika musuh Allah, iblis mengetahui bahwa poros dan sandarannya adalah hati maka ia membisik-bisikinya, menawannya dengan berbagai bentuk syahwat, menggodanya dalam berbagai keadaan dan amalan yang menghalanginya dari jalan yang benar, menghamparkan sebab-sebab ke- sesatan yang memutuskannya dari sebab-sebab taufiq dan memasang untuknya jaring-jaring dan tali-tali yang jika ia selamat dari terjerumus ke dalamnya ia tidak akan selamat dari menemui berbagai rintangan. 

Dan tidak ada keselamatan dari perangkap jaring-jaringnya dan berbagai tipu dayanya kecuali dengan senantiasa memohon pertolongan kepada Allah, mencari sebab-sebab keridhaan-Nya, menyandarkan dan menghampiri- Nya dalam setiap gerak diamnya had dan menegaskan hinanya keham- baan diri di hadapan-Nya, hal yang ia merupakan sesuatu yang paling utama untuk disandang manusia sehingga ia masuk dalam jaminan ayat,

"Sesungguhnya hamba-hamba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terha- dap mereka." (Al-Hijr: 42).

Inilah yang akan memutuskan antara hamba dengan syetan. Dan bila itu terjadi maka merupakan sebab bagi terealisirnya maqam ubudiyah (kehambaan) kepada Tuhan semesta alam serta merupakan manifestasi kebaikan hati, keikhlasan amal dan keyakinan yang terus-menerus. Jika hakikat ubudiyah dan keikhlasan telah merasuk ke dalam had maka orang itu di sisi Allah termasuk orang-orang yang dekat dengan-Nya, dan dengan demikian ia akan termasuk pada pengecualian ayat,

"Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka." (Shaad: 83).

Isi Dari Buku Mawaridul Amman atau Managemen Qolbu

Dan atas karunia Allah Yang Maha Pemberi, saya mengetahui beberapa penyakit hati dan obatnya serta berbagai bisikan syetan padanya yang merupakan musuhnya, juga berbagai tindakan yang bakal terjadi karena bisikan tersebut, dan berbagai keadaan hati tersebut yang merupakan ekses daripadanya, karena sesungguhnya perbuatan buruk itu berasal dari tujuan hati yang buruk, lalu karena perbuatan buruk itu hati menjadi keras, dan penyakit itu bertambah di atas penyakitnya hingga ia meninggal.

Tinggallah ia tanpa kehidupan dan cahaya. Dan semua itu terjadi karena pengaruh bisikan syetan serta oleh keberpihakannya kepada musuh yang tidak akan beruntung kecuali orang-orang yang secara tegas-tegas menentangnya.

Berbagai hal di atas, ingin saya tulis dalam kitab ini sebagai peringatan dengan mengakui bahwa yang saya lakukan ini tak lain adalah karena karunia dan kebaikan Allah, dan semoga orang yang membacanya dapat mengambil manfaat daripadanya seraya mendoakan kepada pengarangnya agar mendapat ampunan, rahmat dan ridha Allah. Kitab ini saya beri judul Ighatsatul Lahfan min Mashasyidisy Syaithan (Melumpuhkan Senjata Syetan).

Di halaman tab preview ini sobat bisa membaca Ebook tanpa mendownloadnya. walaupun agak kurang nyaman. Akan jauh lebih nyaman jika anda baca offline. Sobat bisa mendownloadnya gratis di tab Download.

Di halaman tab Download ini sobat bisa mendownload Ebook gratis direct tanpa pengalihan. Sobat bisa membacanya di android dengan Aplikasi pembaca e book untuk android. Ataupun di Linux dengan aplikasi pembaca ebook untuk linux.

Judul Manajemen Qalbu
Judul asli Mawaridul Aman Al-Muntaqa min Ighatsatul Lahfan fi Mashayidisy Syaithan
Penulis Ibnu Qayyim Al-Jauziah
Penerjemah Ainul Haris Umar Arifin
Penerbit Daar ibnul-Jauzi
Tahun 2005
ISBN 979-3036-19-2
Halaman 483
Format PDF
Ukuran 4.4 MB

Cara Download Ebook Panduan Shalat Sunah dan Shalat Khusus

Sobat bisa download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan di tab Download. Gratis tanpa pengalihan tanpa safelink. Semua demi kemudahan para pembaca semua. Dan sobat bisa membacanya gratis tanpa download di tab preview. Mungkin agak kurang nyaman, nggak masalah hanya sebagai preview sebelum mendownload.

Demikian pembahasan tentang Download ebook gratis "Panduan Shalat sunah dan Shalat Khususyang dapat kami sebutkan. Semoga apa yang kami tulis menjadi penerus dakwah rosul, yaitu dakwah tauhid, semoga menjadi amal shalih dan ilmu yang bermanfaat bagi penulisnya maupun pembaca semuanya.


Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."