Hosting Unlimited, Tetapi Terbatas Inode, Apa itu Inode?

Anda pemakai hosting unlimited? Apakah benar benar unlimited? , tetapi ada batasan, yaitu inode. Apa itu inodes dan bagaimana aturannya.

Hosting space unlimited seperti yang saya pakai, sebenarnya tidak lah benar – benar unlimited, ada satu batasan yaitu inodes. Kasusnya adalah seperti paket internet unlimited terbatas FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar.

Jadi, apa itu inode?

Secara pendek dan mudah, inode adalah jumlah file yang dapat ditampung di sebuah akun hosting. Jumlahnya bervariasi tergantung dari paket hosting yang dipesan. Tentu saja jumlah ini sudah disesuaikan dengan resource yang tersedia di paket hosting tersebut. Inodes sendiri dapat di lihat di sidebar kiri cPanel. Oh ya, artikel ini untuk pemakai wordpress self hosting bukan untuk wordpress gratisan wordpress.com untuk perbedaan wordpress.org vs wordpress.com ada di link

Inode adalah sebuah struktur data yang berisi informasi untuk sebuah objek dari file system (bisa berupa file atau direktori). Sehingga, akan ada sebuah inode untuk setiap file atau direktori yang terdapat pada Linux.

Struktur data pada inode akan digunakan oleh system untuk mengidentifikasi sebuah file atau direktori. Informasi yang tersimpan pada inode berupa :

  1. Tipe file
  2. Permission
  3. Ownership (termasuk grupnya)
  4. Ukuran file
  5. atime (Access time), mtime (modified time) dan ctime (change time)
  6. jumlah softlinks dan/atau hardlinks
  7. ACL / Access control list

Oleh manusia, objek dari file system dikenal sebagai nama file atau nama direktori. Sedangkan oleh sistem, objek tersebut dikenal dari inode-nya.

Bagaimana menghitung jumlah inode dalam suatu Unlimited Hosting?

Sesuai dengan penjelasan di atas, jumlah inodes sama dengan jumlah file dan direktori yang terdapat pada satu akun. Jika di dalam akun Anda terdapat 2 direktori dengan 10 file , maka Anda menggunakan 12 inodes. Untuk 3 direktori dan 15 file, maka akan ada total 18 inodes. Dan seterusnya.

Pada direktori mana saja inode pada akun hosting akan dihitung?

Hitungan inode akan dilakukan pada home directory akun hosting Anda. File emails, file websites, cache, temporary files yang berada di dalam akun hosting Anda akan dihitung sebagai inode.

Bagaimana cara melihat jumlah inode pada akun hosting ?

Pada cPanel, inode dapat dilihat melalui sidebar sebelah kanan.

Terlihat pada kedua screenshot diatas adalah statistik cpanel kedua hosting plan saya, satu free plan yang satu berbayar. Walaupun sama-sama unlimited yang membedakan adalah jumlah inode.

Tutorial di link ini cara mendapatkan hosting unlimited dan domain gratis

Apa yang terjadi ketika penggunaan inode melebihi batas AUP?

Jika penggunaan inode terus bertambah hingga menyentuh angka batas yang di tetapkan oleh masing-masing hosting provider, maka penambahan file tidak dapat dilakukan pada akun hosting Anda dan akan sangat mempengaruhi layanan yang terdapat di dalamnya, termasuk email, website, database, dsb..

File berikutnya yang ada di hosting anda dapat tidak masuk/tersimpan, atau jika tersimpan maka dia dapat menumpuk file yang lama. Hal ini dapat menyebabkan masalah konsistensi data.

Performa hosting secara keseluruhan dapat terganggu.

Bagaimana mencegah penggunaan inode melebihi batas?

  1. Kontrol penggunaan file dan folder. Pastikan Anda menghapus file atau direktori dan email yang tidak lagi digunakan.
  2. Cek penggunaan cache. Apabila aplikasi website Anda menggunakan cache, pastikan Anda (atau script yang Anda gunakan) melakukan purge/pembersihan terhadap cache yang lama dan tidak lagi digunakan oleh website Anda.

Kesimpulan apa itu inode :

  1. Pada hosting plan unlimited, sobat dapat mengunggah file ukuran berapa saja, akan tetapi jumlahnya terbatas pada jumlah inode (teorinya seperti itu).
  2. Akan tetapi aturan ini tergantung kebijakan dari masing – masing penyedia hosting. Sebaiknya sobat membaca TOS dari penyedia hosting anda.

Kami berharap artikel ini membantu Anda belajar memahami apa itu inode pada hosting unlimited.

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan mailing list untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda, atau sobat bisa juga berlangganan di social media kami.

Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."