5 Aplikasi Islami Offline

Seiring perkembangan zaman, hampir setiap orang bahkan anak-anak tidak bisa lepas dari namanya smartphone android. Smartphone bisa jadi baik atau buruk tergantung kita yang menggunakannya. Di artikel ini saya akan membagikan 5 aplikasi islami offline untuk android. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, semoga bisa memanfaatkan smartphone untuk mencari ilmu agama bukan saja untuk maen game.

List ini bukan pembatasan, sebenarnya masih banyak aplikasi islami offline lainnya yang ada di playstore, tapi saya cuma menyebutkan yang terinstal di smartphone saya dan bisa di gunakan secara offline maupun online.

Langsung saja inilah 5 aplikasi islami offline:

1. Aplikasi Islami Offline Al ayat.

Merupakan aplikasi alquran lengkap gratis tanpa ada versi premium yang di buat oleh Proyek KSU-Elektronik Mosshaf. Hal yang saya suka dari aplikasi ini adalah ketersediaan macam-macam huruf, ada juga alquran tajwid dimana setiap ada bacaan tajwid tertentu ada kode warna misalnya bacaan mad, idghom, iqlab, ikhfa’, waqof dll. Sangat membantu menurut saya untuk yang baru belajar tajwid.

Fitur:

  1. Kita akan melihat salinan asli hasil pindaian dari mushaf asli yang di scan.
  2. Menyediakan salinan Mosshaf Al-Madina, salinan Mosshaf Al-Tajwid (berwarna sesuai dengan aturan Tajwid) dan salinan Mosshaf Warsh (Rewayat Warsh An-Nafei ‘).
  3. Bacaan Al Quran dari banyak qari terkenal (dua di antaranya adalah dengan Rewayat Warsh an-Nafei ‘).
  4. Mengulangi setiap Ayat sebanyak yang diinginkan dengan interval waktu di antara keduanya.
  5. Cari melalui teks Al Quran.
  6. Penjelajahan langsung Mosshaf dengan Surat / Ayat (Bab / Ayat), Juz (Part) atau nomor halaman.
  7. Tersedia enam Tafsir Arab (Komentar) “Al-Saa’di, Ibnu Katsir-, Al-Baghawy, Al-Qortoby, Al-Tabary dan Al-Waseet“.
  8. Satu Tafsir English (Komentar) “Tafheem Al-Quran Al-Maududi“.
  9. E’rab (Grammar) Al-Quran oleh Qasim Da’aas.
  10. Teks Terjemahan Al Quran lebih dari 20 bahasa.
  11. Suara Terjemahan dari makna Al Quran dalam dua bahasa (bahasa Inggris dan Urdu).
  12. Sinkronisasi antara recitation dan posisi Ayat di Page (menyoroti Ayat sambil dibacakan).
  13. Sinkronisasi antara recitation dan terjemahan suara (ulangi terjemahan setelah pengajian).
  14. Antarmuka program dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.
Download aplikasi islami offline al-Ayat
Download al Ayat dari google play

2. Tafsir Ibnu Katsir.

Merupakan aplikasi terjemah dari tafsir Ibnu Katsir dalam bahasa Indonesia. Sebenarnya di aplikasi di atas al-ayah pun ada tafsir Ibnu Katsir, akan tetapi dalam bahasa Arab, jika kita tak paham bahasa Arab tentu saja akan kesulitan. Aplikasi ini mempunyai versi gratis dan premium, yang versi free saja sudah cukup bagi saya karena kita mendapatkan tafsir alquran lengkap 30 juz.

Sekilas Tafsir ibnu katsir;

Di abad ke-8 Hijriyah lahir seorang ulama ahli tafsir yang merupakan alumnus akhir madrasah tafsir dengan atsar. Dialah Isma’il bin ‘Umar bin Katsir rahimahullah, salah seorang murid Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah (wafat tahun 774 H). Tafsirnya dijadikan rujukan oleh para ulama dan penuntut ilmu semenjak jaman beliau hingga sekarang.

Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah -beliau juga menulis tafsir- mengatakan bahwa Tafsir Ibnu Katsir adalah salah satu kitab tafsir terbaik.

Fitur:

  1. Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir ini adalah edisi lengkap (Bukan ringkasan) dan bukan hasil scan gambar.
  2. Isi content dalam aplikasi Tafsir Ibnu Katsir Lengkap ini dapat di share sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk membagikan isi yang penting kepada teman-teman.
  3. Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir di desain seringan mungkin sehingga dapat dengan mudah digunakan di device low end sekalipun.
  4. Semoga Tafsir Ibnu Katsir ini dapat bermanfaat kepada umat muslim dan menjadi jalan dalam menambah ilmu dan mengamalkan nya, semoga kita semua selalu dilimpahkan rahmat dan hidayah Allah SWT, Aamiin.
Download aplikasi islami offline tafsir ibnu katsir
Download Tafsir Ibnu katsir dari Play Store

3. Aplikasi Islami Offline Hadist shahih.

Aplikasi islami offline untuk android yang ketiga adalah hadist shahih. Aplikasi ini merupakan kumpulan hadist-hadist pilihan disertai biography para ulama ahli hadist, penjelasan kedudukan hadist, sangat cocok bagi kita yang baru belajar hadist.

Aplikasi Hadits Shahih Pilihan adalah aplikasi yang berisi kumpulan hadits shahih yang diriwayatkan oleh perawi hadits shahih, seperti Bukhari, Muslim dan yang lainnya.

Dalam aplikasi Hadits Shahih pilihan ini Anda akan menemukan banyak hal. Selain biografi perawi hadits shahih juga ilmu-ilmu tentang hadits atau disebut musthalah hadits juga akan Anda dapatkan. Sehingga bukan hanya hadits shahih pilihan yang akan Anda dapatkan tetapi juga status dari hadits-hadits yang sering Anda temukan, seperti hadits dhaif, mursal dan sebagainya.

Download aplikasi islami offline hadist shahih
Download hadist shahih di google playstore

4. Hadist Web.

Hadist web adalah aplikasi islami offline berisi kumpulan hadist-hadist dan materi islam lainnya yang di susun oleh saudara Sofyan Efendi Sejak tahun 2006. Aplikasi ini bisa sobat download di websitenya yang saat ini telah mencapai versi 7.

Fitur :

  1. Pembacaan Al-Qur’an Per Surat
  2. Pembacaan Al-Qur’an Per Ayat
  3. Al-Qur’an dan Terjemahan (Text Version)
  4. Ringkasan Shahih Bukhari
  5. Kumpulan Hadits dari Shahih Muslim
  6. Ringkasan Syarah Arba’in An-Nawawi
  7. Kitab Hadits Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam
  8. 1100 Hadits Terpilih
  9. Riyadhus Shalihin
  10. Sejarah Singkat Beberapa Ahli Hadits
  11. Artikel-Artikel Tentang Hadits
  12. Arsip Bimbingan Islam
  13. Belajar Fiqih Islam

HaditsWeb 7.0 ini tersedia dalam beberapa versi, diantaranya:

  1. Installer CHM (Untuk versi Windows)
  2. Single File CHM (Untuk Windows dan Linux, dengan bantuan aplikasi CHM Viewer)
  3. HMTL File (untuk seluruh OS, Gadget, iPad, iPhone, dll)
  4. APK File (khusus Android saja).

Silahkan di download melalui salah satu link di website resminya:

5. Athanotify.

Merupakan aplikasi islami offline pengingat waktu sholat, kita tahu sholat adalah amalan yang pertama di hisab dan meninggalkan sholat adalah kekufuran (menurut sebagian besar ulama). Aplikasi ini selalu ada di smartphone saya sendiri, sangat berguna jika kita bepergian atau jauh dari masjid sehingga tak terdengar adzan.

Aplikasinya sangat ringan dan sederhana hanya sekitar 5 mb ada fitur kalender Hijriah, alarm sebelum sholat, alarm sepertiga malam, dll.

Athanotify adalah aplikasi waktu shalat dan arah kiblat Islam, kalender hijriah islam , Athanotify memungkinkan Anda untuk mengetahui waktu sholat sehari-hari, doa, dan arah kiblat, di samping waktu dalam tabel mingguan dan bulanan.

Fitur :

  1. Tampilan sisa waktu untuk shalat berikutnya.
  2. Arah Qibla Compass.
  3. Kalender Hijriah Islam.
  4. Mode Sunyi untuk berubah secara otomatis dalam waktu doa.
  5. Mode Sunyi untuk Jum’at dan shalat tarawih.
  6. Pilih nada alarm antara adzan dan takbir atau sistem nada peringatan dan suara Kustom azan.
  7. Tabel Bulanan dengan kemampuan untuk menampilkan bulan Hijriah atau Gregorian.
  8. Jadwal Shalat Waktu mingguan.
  9. Alarm Subuh, sahur dan waktu terbit.
  10. Tampilan tanggal Hijriah dengan kemampuan untuk menampilkan nama atau angka bulan.
  11. Pengingat waktu iqamah.
  12. Banyak suara azan tersedia untuk download.
  13. Jendela azan pop-up di waktu athan.
  14. 4 widget yang berbeda untuk menampilkan semua waktu shalat atau waktu shalat berikutnya dengan sisa waktu, waktu jam, waktu iqama, Hijriah
download from playstore

Kami berharap artikel ini membantu anda memanfaatkan smartphone bukan hanya untuk berkomunikasi, maen game. Akan tetapi bisa juga untuk mencari ilmu dan sebagai penunjang ibadah kita. Artikel ini sebagai andil penulis dalam meneruskan dakwah para Rosul ,yang nantinya sebagai bekal salah amal yang tidak terputus.

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan mailing list untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda atau sobat bisa juga berlangganan di social media kami. Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."