Cara Membuat Blog Wordpress dengan Hosting Unlimited Domain Gratis Selamanya

Membaca dan mempelajari tips dan trik seputar pengoptimalan sebuah blog tidak akan berguna jika tidak memiliki sebuah blog, memiliki blog tapi di wordpress.com seperti blog belajar islam penulis ini pasti memiliki banyak keterbatasan, tidak apa apa jika hanya untuk latihan atau sobat cuma pengen menulis, berbagi dan sekedar ngeblog tanpa tujuan lain misalnya untuk pasang iklan adsence google ato menjadikan situs website sobat jadi onlenshop. Tapi jangan khawatir admin ada sedikit pengalaman tentang cara membuat blog wordpress self hosted dengan hosting unlimited domain gratis berlaku selamanya.

Jika sobat ingin memiliki website yang bisa sobat sesuaikan sesuai keinginan sobat seperti pasang thema yang bisa sobat edit sesuai keinginan (jika memiliki pengetahuan coding) ,di jadikan onlenshop dengan perhitungan otomatis invoice otomatis dan pemberitahuan otomatis ato sobat menjadikan web sobat jadi situs download yang dinamis mau tidak mau sobat harus membangun blog wordpress mandiri (self hosted) dengan sewa hosting dan sewa domain sendiri, sebenarnya banyak sekarang sewa hosting yang murah begitupun domain dan bahkan gratis ,tp yang namanya gratis pasti banyak keterbatasan.

cara membuat blog wordpress dengan hosting unlimited domain gratis selamanya.

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Teori tanpa praktek adalah bohong.
Praktek tanpa teori adalah buta.

Pertama

Sobat daftar hosting unlimitednya di rocketnesia di link ini ,kenapa rocketnesia karena di rocketnesia kita bisa mendapatkan fasilitas hosting gratis dengan space unlimited dan bandwith unlimited tanpa ada iklan menempel di situs kita berbeda dengan hosting gratis yang lain kalo gak space yang sangat mepet ya ada iklan yang mengganggu bahkan ada yang down sehari 1 kali 1 jam ,cukup menganggu. Tapi saya tidak akan menyebutkan hosting mana sobat cari sendiri ya….?!

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Yang perlu di perhatikan disini adalah field username /subdomain karena ini nantinya akan menjadi nama web kita nantinya dengan domain utama rocketnesia.host jika sobat tidak berminat memakai domain custom,tapi jika nantinya sobat berniat pasang domain custom entah yang gratis ato berbayar asal isi juga gak masalah.

Ok saya anggap sobat sudah mengerti cara daftarnya cuman dengan 3 langkah mudah kok :

  1. Daftar ,isi formulir lengkap beserta email aktif.
  2. Konfirmasi email.
  3. sobat akan menerima email detail hosting ,sobat tinggal login ke cpanel hosting.

Sampai disini sebenarnya sobat sudah memiliki hosting gratis unlimited cuma domain masih ngikut domain utama rocketnesia.host . Pada langkah selanjutnya akan saya tuntun sobat pasang domain custom di hosting sobat ,makanya baca artikel saya sampai habis ya.

Langkah kedua

Setelah sobat berhasil mendapatkan hosting gratis unlimited sobat daftar di freenom.com untuk mendapatkan domain gratis ato sobat bisa saja menyewa domain supaya lebih keren semisal domain .com .info .web.id .id di indowebsite.id ato di registrar mana saja terserah sobat nanti langkah – langkahnya juga hampir sama.

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Yang perlu di perhatikan jika sobat menginginkan domain gratis dari freenom.com setelah sobat daftar trus memilih nama domain nanti ada pilihan. Menurut pengalaman penulis sobat pilih selain domain name .tk karena nanti akan di tolak oleh pihak rocketnesia.host sama seperti jika sobat memasangkan domain .tk ke hosting gratis byethost.com . Ternyata rocketnesia.host masih ada hubungan dengan byethost. Lalu sobat pilih 1 tahun gratis tenang saja memang pilihannya 1 tahun tapi nanti setelah 1 tahun sobat bisa memperbarui 1 tahun lagi gratis jadi sobat harus memperbarui tiap 1 tahun sekali.

Ok saya anggap sobat sudah mempunyai domain pilihan sobat. Di client area freenom sobat pilih :

  1. domain saya.
  2. Lalu sobat pilih manage domain.
  3. lalu management tools.
  4. Lalu sobat pilih nameserver.
  5. Sobat edit name server sesuai gambar lalu simpan.

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Ada yang berbeda disini dimana nameserver berbeda dengan yang direkomendasikan rocketnesia.host karena [highlight]menurut pengalaman penulis jika sobat mengedit nameserver sesuai rekomendasi rocketnesia akan ada error nantinya[/highlight] error terjadi setelah sobat pasang SSL dari cloudflare di web sobat permasalahannya apa saya kurang paham yang saya tahu setelah saya ganti nameserver seperti itu masalah selesai.

Langkah ketiga

Sobat kembali ke cpanel rocketnesia lalu sobat pilih domain >> parked domain (aliases) lalu sobat pilih situs mana yang mau dipasangkan domain custom.

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Lalu sobat tuliskan nama domain yang tadi di dapatkan di freenom. Kalo tidak ada masalah akan ada notifikasi sukses. Silahkan sobat coba akses alamat domain sobat lewat browser ,jika tampilan seperti ini.

Hosting gratis unlimited domain gratis selamanya

Selamat.!!

Sampai disini sobat telah memiliki hosting gratis unlimited dengan domain ccTLD dari freenom jika belum coba sobat tunggu biasanya ada 1X24 jam proses propagasi DNS .

Langkah keempat

Sobat kembali ke cpanel lalu pilih softaculous disini sobat bisa instal script CMS apa saja ,wordpress misalnya caranya sangat mudah sobat pilih wordpress lalu sobat isi form yang ada tunggu dan situs wordpress anda siap tanpa perlu sobat upload file dan setting config mudah dan cepat.
oh ya sobat akses alamat wesite sobat tadi di browser lalu sobat aktifkan wordpress sobat.

Sampai di sini sobat sudah mempunyai situs wordpress self hosted dengan hosting gratis unlimited dan domain gratis selamanya.

Tapi yang namanya gratis pasti ada kekurangannya yang penulis tahu:

  1. Space unlimited juga bandwidh unlimited tp resource di batasi 50% jika mencapai 50 % lebih maka hosting sobat akan di suspend tp cuma sehari itu saja besok akan normal lagi.
  2. Ada beberapa script yang di batasi seperti jika sobat instal eWWW image optimizer akan ada peringatan error.
  3. Memang sobat bebas membuat email berapa saja tapi cuma bisa di buka lewat webmail tidak ada fasilitas pop3 atau imap.
  4. Domain gratisnya adalah type ccTLD bisa di baca keterangan di wikipedia domain ccTLD adalah domain milik negara tertentu misal .ml adalah domain untuk negara mali ,sangat aneh jika sobat punya situs domain mali tp konten bahasa indonesia.
  5. Domain gratis kurang dipercaya orang apalagi jika anda berniat membuat onlenshop karena domain gratis sering di manfaatkan oleh penipu membuat landing page mereka.

Tapi jika sobat cuma pengen membuat situs tanpa biaya ato cuma latihan saya rasa tidak masalah semua terserah sobat.

Jika sobat ingin lebih serius gabung saja di indowebsite seperti penulis saat artikel ini di tulis kang soel blog di host kan di indowebsite.id cuma paket yang paling murah 10 rb /bulan gratis domain .web.id / .my.id kalo buat usaha bisa .biz.id organisasi bisa .or.id sekolah .sch.id dapat space 1 gb email support pop3 imap.

Semua screenshot cuma dari smartphone digicoop milik koperasi digital mungkin kurang jelas jadi, mohon maaf.

Mungkin itu saja info dari admin jika ada salah mohon maaf dan koreksinya. Ato sobat punya rekomendasi lain hosting dan domain gratis lainnya silahkan di tambahkan.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."