Penjelasan Lengkap Makna Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun

Penjelasan Lengkap Makna Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun

Inna lillahi wainna ilaihi rojiun adalah kalimat yang sering diucapkan oleh umat Islam ketika mendengar kabar duka atau musibah. Kalimat ini berasal dari Al-Qur'an, surat Al-Baqarah ayat 156, 

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

yang artinya "Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan kepada-Nya lah kita akan kembali." (Qs. Albaqoroh 156

Makna Kalimat Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun

Kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun memiliki makna yang dalam dan luas. Berikut adalah beberapa makna yang terkandung dalam kalimat ini:

Pengakuan akan kekuasaan dan kehendak Allah. 

Kalimat ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah milik Allah, dan Allah berhak memberi dan mengambil sesuai dengan kehendak-Nya. Manusia tidak bisa menentang atau menuntut apa pun kepada Allah, karena Allah adalah Tuhan yang Maha Adil dan Maha Bijaksana.

Pengingat akan kematian dan akhirat. 

Kalimat ini mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini adalah sementara, dan kita semua akan kembali kepada Allah sebagai pencipta dan pengadil kita. Kita harus selalu bersiap-siap untuk menghadapi kematian dan akhirat, dengan beramal shalih dan menjauhi kemaksiatan.

Penghibur dan pemberi ketenangan. 

Kalimat ini memberi hiburan dan ketenangan bagi orang yang ditimpa musibah, karena mereka yakin bahwa Allah tidak akan memberi cobaan yang melebihi kemampuan mereka. Mereka juga berharap bahwa Allah akan memberi pahala dan balasan yang baik bagi mereka yang sabar dan ridha dengan ketetapan-Nya.

Waktu Mengucapkan Kalimat Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun

Kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun disunnahkan untuk diucapkan pada saat-saat berikut:

Saat terjadinya musibah.

Musibah bisa berupa kematian, sakit, kecelakaan, bencana, kerugian, atau hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengucapkan kalimat ini, kita menunjukkan sikap tawakkal, pasrah, dan berserah diri kepada Allah.

Saat mendengar tentang musibah.

Ketika kita mendengar kabar duka atau musibah yang menimpa orang lain, kita juga disunnahkan untuk mengucapkan kalimat ini, sebagai bentuk belasungkawa, simpati, dan doa untuk mereka.

Saat menghadapi kesulitan atau tantangan.

Ketika kita menghadapi kesulitan atau tantangan dalam hidup, kita juga bisa mengucapkan kalimat ini, sebagai bentuk memohon pertolongan, perlindungan, dan kemudahan dari Allah.

Hikmah Mengucapkan Kalimat Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun. 

Mengucapkan kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun memiliki banyak hikmah dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan:

Mendapatkan pahala dan kebaikan dari Allah.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 155-157:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun." Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Dari ayat ini, kita bisa mengetahui bahwa orang-orang yang sabar dan mengucapkan kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun ketika ditimpa musibah, akan mendapatkan pahala, keberkatan, rahmat, dan petunjuk dari Allah.

Meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah.

Mengucapkan kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun juga bisa meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah, karena kita menyadari bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Kuasa, Maha Penyayang, dan Maha Pengampun. Kita juga akan lebih bersyukur, berdoa, dan beribadah kepada Allah, karena kita tahu bahwa hanya Allah yang bisa memberi solusi dan jalan keluar dari segala masalah.

Menjaga hati dan pikiran dari hal-hal negatif.

Mengucapkan kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun juga bisa menjaga hati dan pikiran kita dari hal-hal negatif, seperti marah, sedih, putus asa, atau dendam. Kita akan lebih tenang, sabar, dan optimis, karena kita percaya bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan orang-orang yang beriman dan berbuat baik.

Kesimpulan

Kalimat inna lillahi wainna ilaihi rojiun adalah kalimat yang memiliki makna yang dalam dan luas, yang menunjukkan pengakuan akan kekuasaan dan kehendak Allah, pengingat akan kematian dan akhirat, penghibur dan pemberi ketenangan, dan sumber pahala dan kebaikan.

Kalimat ini disunnahkan untuk diucapkan pada saat terjadinya musibah, mendengar tentang musibah, atau menghadapi kesulitan atau tantangan. Kalimat ini memiliki banyak hikmah dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat, seperti meningkatkan iman dan ketaqwaan, menjaga hati dan pikiran, dan mendapatkan rahmat dan petunjuk dari Allah.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."