Manfaat Bersin Menurut Islam dan Kesehatan

Manfaat Bersin Menurut Islam dan Kesehatan

Apa Yang Terjadi Saat Kita Bersin

Bersin adalah fenomena alami yang terjadi ketika udara keluar dengan tiba-tiba dari hidung dan mulut karena adanya rangsangan atau iritasi pada saluran pernapasan. Bersin dapat membantu membersihkan hidung dari debu, kuman, atau benda asing yang dapat menyebabkan infeksi atau alergi. Bersin juga dapat menandakan bahwa tubuh sedang berusaha mengeluarkan bakteri atau virus yang dapat memicu penyakit.

Bersin Dalam Islam

Islam mengajarkan bahwa bersin adalah nikmat Allah yang diberikan kepada manusia sebagai bentuk rahmat dan kesehatan. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas, kita dapat memahami bahwa bersin memiliki manfaat rohani dan jasmani. Manfaat rohani bersin adalah sebagai berikut:

  • Bersin dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena dengan bersin berarti kita telah mendapatkan nikmat kesehatan dari-Nya. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk mengucapkan hamdalah (alhamdulillah) setelah bersin.
  • Bersin dapat mempererat tali persaudaraan antara sesama muslim, karena dengan bersin berarti kita telah mendapatkan doa dari saudara atau teman kita yang mendengarnya. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk mentasymit (mengucapkan yarhamukallah) kepada orang yang bersin dan memuji Allah.
  • Bersin dapat menghindarkan kita dari godaan setan, karena dengan bersin berarti kita telah mengingat Allah SWT dan mengucapkan pujian kepada-Nya. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk menjauhi menguap yang merupakan perbuatan setan dan menunjukkan rasa bosan atau malas.

Manfaat jasmani bersin adalah sebagai berikut:

  • Bersin dapat membersihkan saluran pernapasan dari kotoran, debu, atau mikroba yang dapat menyebabkan penyakit seperti pilek, flu, sinusitis, atau alergi.
  • Bersin dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan daya ingat.
  • Bersin dapat merelaksasi otot-otot tubuh, sehingga dapat mengurangi stres, nyeri, atau ketegangan.

Adab Ketika Bersin

Islam juga mengajarkan adab atau etika bersin yang harus kita lakukan agar mendapatkan manfaat bersin secara maksimal. Adab bersin menurut Islam adalah sebagai berikut:

  • Menutup mulut dan hidung dengan tangan atau kain saat bersin, agar tidak menyebar kuman atau bau yang tidak sedap kepada orang lain.
  • Merendahkan suara saat bersin, agar tidak mengganggu atau menakutkan orang lain.
  • Mengucapkan hamdalah (alhamdulillah) setelah bersin dengan lantang, agar dapat didengar oleh orang lain dan mendapatkan doa dari mereka.
  • Mentasymit (mengucapkan yarhamukallah) kepada orang yang bersin dan memuji Allah dengan lantang, agar dapat memberikan rahmat dan kebaikan kepada mereka.
  • Membalas doa orang yang mentasymit dengan mengucapkan yahdikumullah wa yushlih baalakum (semoga Allah memberi petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian) dengan lantang, agar dapat memberikan hidayah dan kebaikan kepada mereka.

Demikianlah artikel tentang manfaat bersin menurut Islam. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan iman dan kesehatan kita. Aamiin.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."