Inilah Rahasia Manfaat Sholat di Awal Waktu Ditinjau Dari Sains

penjelasan lengkap mengapa shalat disebut sebagai tiang agama
Sholat adalah salah satu ibadah yang paling utama dalam Islam. Sholat merupakan tiang agama dan kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan berakal. Sholat memiliki banyak manfaat, baik secara lahir maupun batin, bagi kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan seorang muslim. Salah satu manfaat sholat yang jarang diketahui adalah kaitannya dengan perubahan warna alam yang terjadi pada setiap waktu sholat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah sholat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah SWT." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits ini, kita dapat mengetahui bahwa sholat pada waktunya adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Namun, apa rahasia di balik sholat pada waktunya ini? Mengapa sholat sebaiknya dilakukan di awal waktu, bukan di akhir waktu?

Sholat dan Perubahan Warna Alam

Para ahli mengatakan bahwa setiap perpindahan waktu sholat, bersamaan dengan terjadinya perubahan tenaga alam dan dirasakan melalui perubahan warna alam. Kondisi ini dapat berpengaruh pada kesehatan, psikologis, dan lainnya. Berikut ini adalah kaitan antara sholat di awal waktu dengan kondisi alam. 

Waktu Subuh. 

Pada waktu subuh, alam berada dalam spektrum warna biru muda yang bersesuaian dengan frekuensi tiroid (kelenjar gondok). Dalam ilmu fisiologi, tiroid mempunyai pengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh manusia. Warna biru muda juga mempunyai rahasia tersendiri berkaitan dengan rejeki dan cara berkomunikasi.

Mereka yang masih tertidur nyenyak pada waktu subuh dapat menghadapi masalah rejeki dan komunikasi. Mengapa?

Karena tiroid tidak dapat menyerap tenaga biru muda di alam ketika roh dan jasad masih tertidur. Pada saat azan subuh berkumandang, tenaga alam ini berada pada tingkatan optimal. Tenaga inilah yang kemudian diserap oleh tubuh kita terutama pada waktu ruku dan sujud.

Waktu Dzuhur

Alam berubah menguning dan ini berpengaruh kepada perut dan sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Warna ini juga punya pengaruh terhadap hati. Warna kuning ini mempunyai rahasia berkaitan dengan keceriaan seseorang. Mereka yang selalu ketinggalan atau melewatkan sholat dzuhur berulang kali dapat menghadapi masalah dalam sistem pencernaan serta berkurang keceriaannya.

Waktu Ashar

Alam berubah lagi warnanya menjadi oranye. Hal ini berpengaruh cukup signifikan terhadap organ tubuh yaitu prostat, rahim, ovarium/indung telur dan testis yang merupakan sistem reproduksi secara keseluruhan. Warna oranye di alam juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Orang yang sering ketinggalan waktu ashar dapat menurun daya kreativitasnya. Di samping itu organ-organ reproduksi ini juga akan kehilangan tenaga positif dari warna alam tersebut.

Waktu Maghrib

Warna alam kembali berubah menjadi merah. Sering pada waktu ini kita mendengar banyak nasehat orang tua agar tidak berada di luar rumah. Nasehat tersebut ada benarnya karena pada saat maghrib tiba, spektrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis. Pada waktu ini jin dan iblis amat bertenaga karena mereka ikut bergetar dengan warna alam. Oleh karena itu, kita disarankan untuk segera melaksanakan sholat maghrib dan berlindung kepada Allah SWT dari gangguan makhluk halus.

Waktu Isya

Warna alam berubah menjadi ungu. Warna ini berhubungan dengan sistem saraf pusat dan otak manusia. Warna ungu juga berkaitan dengan kebijaksanaan dan spiritualitas. Orang yang sering menunda-nunda sholat isya dapat mengalami gangguan pada sistem saraf dan otaknya. Selain itu, ia juga akan kehilangan kebijaksanaan dan ketinggalan dalam meraih keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan


Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sholat di awal waktu memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Sholat di awal waktu dapat membantu kita untuk menyerap tenaga positif dari warna alam yang sesuai dengan organ-organ tubuh kita. Sholat di awal waktu juga dapat menjauhkan kita dari pengaruh negatif dari warna alam yang berbahaya bagi kita.

Sholat di awal waktu juga merupakan bentuk ketaatan dan kecintaan kita kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang tak terhingga. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk selalu sholat di awal waktu dan merasakan rahasia di baliknya.

Source: 

  1. Mengapa Shalat Sebaiknya Dilakukan di Awal Waktu? Ditinjau dari Sudut .... https://assajidin.com/2021/02/22/mengapa-shalat-sebaiknya-dilakukan-di-awal-waktu-ditinjau-dari-sudut-pandang-alam/.
  2. 10 Keutamaan Sholat Awal Waktu yang Disampaikan Rasulullah. https://khazanah.republika.co.id/berita/qv2qe4320/10-keutamaan-sholat-awal-waktu-yang-disampaikan-rasulullah.
  3. Rahasia Sholat di Awal Waktu – Study Islamic Group - blogUNNES. https://blog.unnes.ac.id/sigmamath/2015/10/13/rahasia-sholat-di-awal-waktu/.
  4. Inilah Rahasia Mengapa Shalat Harus di Awal Waktu. https://www.syaamilquran.com/inilah-rahasia-mengapa-shalat-harus-di-awal-waktu/.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."