cara mengukur kecepatan internet lewat terminal

Mengukur kecepatan internet akan membuat anda mengetahui speed internet provider internet yang anda gunakan. Ada banyak tool yang bisa anda pilih. Linux adalah system operasi yang canggih namun sederhana, kita bisa mengukur kecepatan internet hanya melalui terminal. Di artikel ini saya akan membagikan cara mengukur kecepatan internet lewat terminal.

cara mengukur kecepatan internet lewat terminal

Tool yang kita gunakan adalah tool yang sudah ada dalam repo ubuntu yaitu speedtest-cli, kita bisa menginstallnya dengan mudah lewat perintah di terminal dengan mengetikkan

sudo apt install speedtest-cli

kemudian kita jalankan tanpa perlu root dengan perintah:

$ speedtest

Dan hasilnya adalah seperti tampak di screenshot ini:cara mengukur kecepatan internet lewat terminal

Demikian trik sederhana ini. Ini adalah hasil speed test dengan usbb wifi dan tethering wifi android jadul saya, yang cara install usb wifi di ubuntu telah saya bahas di artikel yang lalu. Hasil tentu akan berbeda tergantung provider dan jalur internet yang anda gunakan.

Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."