10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix

Sistem operasi UNIX dibuat lebih dari empat dekade yang lalu di Laboratorium Bell AT & T. Dengan perkembangan terus menerus sejak awal, UNIX telah membuat kehadirannya dari perangkat embedded kecil ke server dan superkomputer. Artikel ini memberikan sejarah singkat, philosophy , spesifikasi UNIX dan membahas sepuluh sistem operasi terbaik dari sistem operasi berbasis UNIX.

Pada artikel lalu kita telah membahas distro linux ringan, yang perlu sobat tahu linux sendiri adalah sistem operasi terbaik yang terinspirasi Unix atau istilahnya Unix-like, nah pastinya sobat pengen tahu to contoh contoh sistem operasi UNIX, yuk kita bahas sedikit 10 contoh Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX.

Daftar system operasi tersebut adalah:

    1. Oracle Solaris.
    2. Darwin.
    3. IBM AIX.
    4. HP-UX.
    5. FreeBSD.
    6. NetBSD.
    7. Microsoft/SCO Xenix.
    8. SGI IRIX.
    9. TRU64 UNIX.
    10. macOS

Langsung saja penjelasannya kita mulai tetapi mari kita mengenal dulu apa itu unix

Sejarah singkat UNIX

10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix

Dalam hal dunia sistem operasi, UNIX memiliki sejarah panjang. Pada tahun 1960-an, MIT bersama dengan General Electric (GE) dan AT&T’s Bell Laboratories mengerjakan proyek penelitian untuk membuat sistem operasi baru yang disebut MULTICS (Multiplexed Operating and Computing System). Multics digadang sebagai time-sharing utilities untuk mendukung layanan listrik dan layanan telepon.

Sistem operasi Ini memiliki banyak fitur; beberapa di antaranya adalah ketersediaan tinggi, sistem file hirarkis, keamanan sampai desain modular (memungkinkan menambahkan sumber daya sementara sistem berjalan), command processor (seperti shell), dynamic linking, reconfiguration online. Multics dikembangkan awalnya untuk mainframe GE-645 lalu kemudian Honeywell melanjutkannya pada mesin Honeywell 6180-nya.

Namun, Bell Labs keluar dari proyek multics dan memulai pengembangan sistem operasi baru untuk mesin PDP-7. Ken Thompson (salah satu pengembang multics) bergabung dengan Dennis Ritchie dan anggota tim untuk mengembangkan sistem operasi multi-tasking baru yang disebut UNICS (Uniplexed Operating and Computing System). Hal ini dianggap sebagai sistem operasi UNIX pertama.

Unix dirancang untuk menjadi sistem operasi yang portabel, multi tasking dan multi pengguna. Konon orang yang pertama menemukan kata UNIX adalah Brian Kernighan. Kata UNIK diucapkan sebagai pronounce dari kata Yoo-niks, bukan Yoo-neeks atau Yoo-nucks. Pada tahun 1972, UNIX ditulis ulang dalam bahasa C setelah diporting dari bahasa assembly, yang membuat UNIX jauh lebih fleksibel.

Pada akhir tahun 1970-an AT&T’s Bell Labs melicensikan UNIX kepada pihak luar. Kode sumber UNIX tersedia secara gratis. Gerbang yang dibuka ini membuat UNIX menjadi sistem operasi dengan varian yang berbeda, sistem operasi yang dapat di kostumisasi berdasarkan kebutuhan. Saat itu ada dua versi dasar UNIX yang tersedia: Sistem V dan Berkley Software Distribution (BSD) Mayoritas dari semua Sistem Operasi Terbaik berdasarkan Unix dibangun atas dasar salah satu dari kedua versi ini.

Pada awal 1980an, dampak dari sistem operasi UNIX di kalangan akademisi menyebabkan adopsi sistem operasi UNIX dengan skala luas. Termasuk oleh vendor komersial dari HP-UX, Solaris, AIX, dan Xenix. Dengan lebih dari empat dekade pengembangan konstan, UNIX muncul sebagai sistem operasi yang sukses yang berjalan dari perangkat kecil, servers, komputer desktop sampai superkomputer.

UNIX-wikipedia

Filosofi UNIX

Ken Thomson dan pengembang Unix membentuk seperangkat norma budaya untuk mengembangkan perangkat lunak yang dikenal sebagai “UNIX philosophy.” Ini menekankan UNIX dibangun atas asas sederhana, modular, dan software yang dapat dikembangkan dan di maintain (di rawat) dengan mudah. Filosofi UNIX dirangkum sebagai berikut:

  1. Kecil itu indah.
  2. Membuat setiap program melakukan sesuatu hal dengan baik.
  3. Untuk melakukan pekerjaan baru, bangunlah program lama yang agak menyulitkan dengan menambahkan “fitur” baru.
  4. Harapkan output dari setiap program untuk menjadi masukan ke program lain, yang belum diketahui.
  5. Tulislah program untuk bekerja sama.
  6. Tuliskan program untuk menangani aliran teks, karena itu adalah antarmuka universal.
  7. Bangun prototipe sesegera mungkin.
  8. Pilih portabilitas atas efisiensi.

Single UNIX Specification (SUS) dan POSIX.

Single UNIX Specification (SUS) mengacu pada standar untuk sistem operasi, aturan yang harus dipenuhi sebagai syarat kualifikasi untuk menggunakan label “UNIX”. Saat ini, merek dagang UNIX® dimiliki oleh “The Open Group”. The Open Group menyediakan program sertifikasi untuk sistem operasi agar bersertifikat secara resmi sebagai UNIX® dan POSIX-compliant.

Munculnya sistem operasi UNIX-like

Di akhir 1980an, Andrew S Tanenbaum menciptakan sebuah sistem operasi kecil baru yang disebut Minix untuk tujuan pendidikan. Minix 1.0 memiliki 12.000 baris kode C. Diketahui bahwa prinsip desain Minix sangat mempengaruhi Linux Torvalds untuk mengembangkan Linux dari awal sebagai MULTIC yang dipengaruhi UNIX. Linux adalah sistem operasi terbaik yang POSIX-compliance. Pada tahun 2001, The Linux Standard Base (LSB) dibentuk untuk menstandarkan internal struktur distribusi Linux. Saat ini, ada lebih dari 600 distribusi Linux aktif.

10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX

Kode sumber Unix yang tersedia secara bebas membuat para vendor dengan mudah bisa merubah kode sesuai kebutuhan mereka. Hal ini menghasilkan perkembangan pesat dalam kode sumber UNIX dan melahirkan banyak varian UNIX. Meskipun sulit untuk menentukan berapa banyak sistem operasi berbasis UNIX yang ada, jumlah varian UNIX dapat menjadi ratusan (termasuk yang masih aktif / dan tak aktif).

Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan utama kita yaitu sepuluh sistem operasi terbaik berbasis UNIX (baik yang aktif maupun yang sudah dihentikan) yang membuat dampak sendiri terhadap evaluasi ever-green UNIX.

Maaf supaya artikel tidak terlalu panjang, saya pecah jadi 3 Page, berikutnya adalah 10 contoh sistem operasi terbaik berbasis UNIX berikut keterangan singkatnya.

1. Oracle Solaris

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix, oracle solaris
Oracle Solaris desktop

Solaris adalah sistem operasi berbasis UNIX yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems dengan berdasar pada sistem operasi BSD dan sistem AT&T system V. Sistem operasi Sun Microsystems sebelumnya dikenal sebagai SunOS. Versi pertama dari SunOS yang berbasis kode BSD di luncurkan pada tahun 1982. Sun memperkenalkan chip prosesor scalable processor architecture (SPARC) yang memungkinkan pembuatan mesin yang hebat dan handal namun murah.

Sampai dengan versi 3.x, sistem operasi ini disebut SunOS, dan mulai versi 4.0, Sun disebut SunOS with Solaris. Peluncuran Solaris 2.0 (SunOS 5.0) yang berbasis UNIX System V (menggantikan BSD) diluncurkan pada tahun 1992. Sun merilis Solaris 2.4, yang mendukung sistem SPARC dan X86 dari basis kode sumber terpadu. OpenSolaris – sebuah proyek yang diprakarsai oleh Sun Microsystems, dihentikan setelah akuisisi oleh Oracle. Pada bulan September 2017, dikabarkan bahwa Oracle telah mendesak para staf pengembangan Solaris Core, yang menunjukkan bahwa Oracle tidak tertarik pada pengembangan Solaris.

Oracle Solaris-wikipedia

2. Darwin

Darwin adalah sistem operasi UNIX Open-source (sumber terbuka) yang berasal dari proyek NeXTSTEP, BSD, Mach, dan proyek free software lainnya. Darwin dirilis pada tahun 2000 oleh Apple Inc. Apple MacOS adalah sistem operasi yang didasarkan pada komponen inti Darwin. Kernel Darwin dikenal sebagai XNU yang merupakan kernel hibrid yang berbasis pada OSFMK 7.8 (Mach). Pada tahun 2002, Apple dan Internet Systems Consortium membuat sebuah komunitas sistem operasi yang disebut OpenDarwin. Tapi tidak bertahan lama karena ditutup pada tahun 2006 dengan alasan bahwa OpenDarwin berguna hanya untuk proyek Mac.

Darwin-wikipedia

3. IBM AIX

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix IBM aix
IBM-AIX

AIX (Advanced Interactive Executive) adalah enterprise-class operating system berbasiskan sistem UNIX V dengan 4.3BSD-compatible extensions. Ini adalah salah satu sistem operasi terbaik UNIX Komersial yang populer. Versi pertama AIX dirilis pada tahun 1986 pada mesin IBM 6150 RT. Kemudian Aix mendukung berbagai macam platform perangkat keras: RS/6000, POWER, PowerPC, System/370 mainframes, PS/2 personal computers , dan Apple Network Server. AIX adalah sistem operasi pertama yang memiliki sistem file jurnal. Sistem operasi AIX dikenal dengan skalabilitasnya, kehandalan, dan keamanan.

IBM-AIX Wikipedia

4. HP-UX

HP-UX adalah singkatan dari Hewlett Packard Unix, HP-UX adalah sistem operasi berbasis UNIX system V release 4 yang diperkenalkan pada tahun 1984. Sistem operasi ini pada awalnya dikembangkan untuk HP’s proprietary Integral PC dan kemudian dibuat untuk menjalankan server bisnis series 9000. HP-UX memperkenalkan access control lists untuk file access permissions. P-ux dilengkapi dengan berbagai alat untuk digunakan di lingkungan perusahaan. HP-UX dikenal dengan ketersediaan tinggi, dan memori dan pengelolaan keamanan yang fleksibel.

HP-UX wikipedia

5. FreeBSD

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix FreeBSD
FreeBSD

FreeBSD sistem operasi open-source gratis yang didasarkan pada kode original Berkeley Software Distribution (BSD). FreeBSD mempertahankan sistem operasi dengan fitur lengkap dengan full-fledged kernel, driver perangkat, utilitas, dan dokumentasi lengkap. Dua insinyur William Jolitz dan Lynne Jolitz memporting BSD ke dalam prosesor 80386 berbasis Intel dan menyebutnya dengan nama 386BSD. Namun, sekelompok pengguna 386BSD membuat varian baru dan menamainya dengan FreeBSD. Versi pertama FreeBSD dirilis pada bulan November 1993. Sebagian orang mengatakan bahwa Apple OS didasarkan pada FreeBSD. Sebagai sistem operasi untuk umum, FreeBSD digunakan di berbagai skenario sebagai komputer desktop dan server.

FreeBSD-wikipedia

6. NetBSD

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix NetBSD
NetBSD

NetBSD adalah sistem operasi open source yang berbasis dari baris kode warisan dari 4.4BSD dan 386BSD. Motto NetBSD adalah sistem operasi yang sangat portabel. Berbekal dengan lapisan abstraksi perangkat keras khusus, NetBSD memberikan driver perangkat ke dalam mesin tergantung pada mesin dan komponen independen mesin yang menyembunyikan rincian akses perangkat keras. NetBSD mendukung simetris multiprocessing dari rilis 2.0 pada tahun 2004.

Berkat keuletannya, desain yang cermat, dan fitur portabilitas, NetBSD telah digunakan dalam sistem server berskala besar, sistem desktop, perangkat genggam dan embedded system.

NetBSD-wikipedia

7. Microsoft/SCO Xenix

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix Microsoft Xenix
Microsoft Xenix

Xenix adalah sistem operasi terbaik berbasis UNIX yang dilisensikan oleh Microsoft pada akhir 1970an, tapi sekarang sudah tidak dikembangkan lagi. Terkesan dengan popularitas UNIX, Microsoft membeli lisensi dari AT&T. Mungkin ada sebagian orang terkejut dengan kenyataan bahwa Microsoft pernah memiliki hak UNIX.

Namun Microsoft tidak menjual Xenix secara langsung ke pelanggan melainkan melisensikan kepada perusahaan seperti IBM, Intel, SCO dll untuk kemudian memporting Sistem operasi pada prosesor proprietary milik mereka masing-masing. Karena tidak mampu menghadapi persaingan setelah putus dengan AT&T, Microsoft memutuskan untuk mentransfer kepemilikan saham ke SCO yang merilis Xenix dengan nama merek baru SCO UNIX. SCO UNIX tidak mampu berrtahan setelah versi terakhirnya V.2.3.4, dirilis pada tahun 1991

XENIX-wikipedia

8. SGI IRIX

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix Sgi IRIX
Sgi IRIX

IRIX adalah sistem operasi yang juga sudah tidak dikembangkan oleh Silicon Graphics (SGI) untuk berjalan secara native di workstation dan server MIPS mereka. IRIX dibuat berdasarkan pada UNIX system V dengan ekstensi BSD. IRIX 6.0 sesuai dengan UNIX System V Release 4, UNIX 95 dan POSIX. IRIX adalah sistem operasi pertama yang menyertakan XFS file system. IRIX dikenal karena support real-time disk dan grafis.

IRIX diterima dengan baik oleh para vendor animasi dan scientific visualization. IRIX adalah salah satu versi UNIX pertama untuk menampilkan antarmuka GUI untuk desktop. Pada tahun 1998, versi penting terakhir IRIX 6.5 dirilis. Sistem yang dapat dipecah mengambil alih silikon grafis yang mengakibatkan kematian produk MIPS berbasis SGI karena fokus beralih ke prosesor x86.

IRIX-Wikipedia

9. TRU64 UNIX

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix TRU64-Unix
TRU64-UNIX Logo

TRU64 UNIX adalah Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX yang di bentuk oleh Digital Equipment Corporation berbasis Alpha instruction set architecture (ISA). Namun ini adalah sistem operasi yang telah dihentikan pengembangannya. TRU64 didasarkan pada sistem operasi OSF/1 yang dikembangkan oleh Open Software Foundation (OSF) untuk bersaing dengan sistem operasi UNIX system V.

Saat ini, TRU64 adalah produk dan merek dagang dari Hewlett-Packard. Tru64 UNIX Versi 5.0 menawarkan server TruCluster yang menawarkan fasilitas clustering. HP memigrasikan banyak fitur TRU64 UNIX seperti AdvFS, TruCluster, dan LSM ke produk flagshipnya HP UNZIX HP-UX. HP mengakhiri dukungannya ke TRU64 pada bulan Desember 2012. Perlu sobat tahu OSF (Open Software Fondation) berbeda dengan FSF (Free Software Fondation) walaupun memiliki nama yang mirip.

TRU64-Unix wikipedia

10.macOS

Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix MacOS
MacOSX Lion

MacOS adalah sistem operasi komersil terbaik berbasis Unix yang dikembangkan dan dikelola oleh Apple. Mac OS adalah versi rebranded dari sistem operasi Mac OS X. MacOS sangat kental dari basis sistem operasi NeXT dan Darwin. Awalnya, MacOS didukung pada mesin berbasis PowerPC. Kemudian di tahun 2006, pada versi 10.4 dirilis dengan dukungan prosesor Intel. MacOS dikenal dengan antarmuka pengguna grafis yang inovatif.

Apple menyediakan lingkungan pengembangan terpadu yang disebut Xcode yang menyediakan antarmuka ke berbagai kompiler yang didukung. Apple merilis versi terbaru MacOS bernama High Sierra di September 2017. MacOS Sierra termasuk sistem file Apple baru, tab desktop, clipboard universal, gambar dalam gambar, Siri, Apple pay dll. Ada rumor yang menyatakan Steve Jobs mencoba menyewa creator Linux, Linus Torvalds sekitar tahun 2000 ketika Apple investasi besar di OS X.

MacOS – Wikipedia

Kami berharap artikel ini membantu Anda mengenal UNIX, sistem yang menginspirasi Linus Torvalds sang creator kernel Linux untuk membuat sistem baru mirip UNIX. Yang sampai sekarang terus di kembangkan tidak hanya di lingkungan komputer desktop, server tapi merambah ke berbagai perangkat yang hampir setiap orang memakai, ya smartphone android.

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan ke mailing list kami untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda atau sobat bisa juga berlangganan di social media kami.


Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."