Cara Memindah Whatsapp Tanpa Kehilangan Data Chat dan Media

 

Bukan hanya burung atau sebuah website saja yang perlu untuk bermigrasi, aplikasi seperti whatsapp pun kadang perlu untuk bermigrasi, kita perlu bermigrasi misalkan jika kita membeli smartphone baru dan kita berniat memindah semua data kita termasuk whatsapp tanpa kehilangan data chat ataupun media, pada artikel kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara memindah whatsapp ke hp baru (dalam contoh ini sama-sama android) tanpa kehilangan semua data percakapan dan media.

Hal yang Perlu Disiapkan:

  1. Smartphone lama yang whatsapp nya akan di pindah.
  2. Smartphone baru yang telah terinstal whatsapp.
  3. Aplikasi pendukung yaitu file x-plore dan share it atau yang sejenis saya sudah pernah menulis di aplikasi android ringan wajib install. Atau bisa juga sdcard untuk memindah file backup nya.

Langkah memindah whatsapp tanpa kehilangan data Chatting dan media.

1. Backup

Langkah awal backup terlebih dahulu data Chatting kita supaya nanti kita bisa restore di smartphone baru kita. Caranya Tap tiga titik di pojok kanan atas, tap setting, tap chat, tap chat backup.

Cara Memindah Whatsapp
Whatsapp setting

Cara Memindah Whatsapp
Whatsapp backup

2. Compress atau Copas File Data.

Buka aplikasi file manajer andalan anda misalkan x-plore coba sobat perhatikan folder whatsapp. Jika sobat berniat memindah whatsapp dengan metode pindah kartu sd sobat copas folder whatsapp tersebut ke kartu sd. (langkah ini jika android sobat versi lolipop keatas, jika android versi jelly bean kebawah letak folder whatsapp berada di kartu sd, jika ada kartunya). Jika sobat berniat memindah whatsapp dengan metode transfer lewat share it, maka sobat compress folder whatsapp tersebut untuk memudahkan transfer. Caranya sobat tekan lama folder whatsapp lalu buat zip.

Cara Memindah Whatsapp
Compress folder whatsapp

3. memindah File Data.

Cara Memindah Whatsapp
Destination folder

Saatnya pindah, di langkah lalu sobat telah memindah folder whatsapp tersebut ke kartu sd langkah berikutnya sobat pasang kartu sd tersebut ke smartphone yang baru lalu sobat move atau copas folder whatsapp ke internal (ingat, jangan jangan dimasukkan ke folder tp di root saja). Jika sobat memakai cara transfer lewat share it, sobat buka folder share it lalu sobat decompress trus copas ke internal, kalo sobat memakai x-plore caranya agak laen decompress file zip cukup dengan tap file zip lalu centang folder whatsapp di dalamnya lalu copas seperti biasa.

Cara Memindah Whatsapp
Copy to internal

Kini sobat telah memiliki folder whatsapp yang berisi data dari whatsapp di smartphone android yang lama di internal smartphone yang baru.

4. Finally.

Buka aplikasi whatsapp di smartphone baru sobat lalu masukkan nomer seperti biasa (ingat nomernya adalah nomer whatsapp sobat di smartphone lama bukan nomer baru, kalo nomernya ganti nanti di artikel berikutnya insha allah)

Cara Memindah Whatsapp
Registration form

Nanti whatsapp akan mencari data backup yang sesuai dengan nomernya jika sudah sobat tab restore jangan lewati jika terlanjur tab lewati sobat tinggal hapus saja datanya di setting aplikasi whatsapp lalu sobat ulang langkah 4 ini.

Cara Memindah Whatsapp
Restore backup

Cara Memindah Whatsapp
Restoring………

5. Selamat..! Sobat Telah Selesai Memindah Whatsapp Tanpa Kehilangan Data Chat dan Media.

Jika berhasil sobat akan mendapati whatsapp lama sobat di smartphone yang baru.

Ok semoga artikel yang kurang sempurna ini bisa di mengerti dan dapat membantu, seperti biasa saya tunggu saran, kritik dan makiannya di kolom komentar.

Posting Komentar

"Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati. Mohon maaf bila komentar Anda yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan saya hapus. Bila Anda ingin memberikan saran, kritik, masukan yang membangun, dan memberikan tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang dibahas dengan senang hati saya persilakan, terima kasih."